Capping Day Angkatan XVII

Akademi Keperawatan Kesdam VI/Tpr Banjarmasin pada hari senin, 22 April 2019 melaksanakan ceremonial Caping Day bagi mahasiswa semester II angkatan ke -17 di Meridian Ballroom Hotel Nasa Banjarmasin. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka pengesahan mahasiswa yang telah selesai pada tahap semester I dan dinyatakan siap untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui praktik klinik keperawatan di rumah sakit maupun praktik lapangan di wilayah kerja Puskesmas. Adapun jumlah peserta yang dikukuhkan dalam caping day tahun ini berjumlah 72 orang mahasiswa yang mana terdiri dari 52 Mahasiswa Umum dan 15 Mahasiswa Tugas Belajar TNI AD.

Kegiatan yang dihadiri sejumlah pejabat yang diantaranya Dandenkesyah 06.04.02, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Kepala Rumkit Tk. III dr. R. Soeharsono dan perwakilan institusi di wilayah Banjarmasin. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya sampai dengan prosesi pemasangan id card, kap dan diakhiri dengan ikrar janji berlangsung dengan penuh hikmat, pasalnya setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk menerima pemasangan id card dan kap langsung oleh masing-masing orangtua atau walinya. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa mempunyai kecintaan dan rasa tanggung jawab dengan profesi yang akan mereka emban di masa mendatang.

Prosesi lilin dalam ceremonial ini mengingatkan kembali sejarah Florence Nightingale, seorang pelopor perawat modern pada abad ke 19 dan 20, yang mana dengan kegigihannya dan keberaniannya setiap malam dengan membawa lampu penerangan ia memeriksa kondisi tentara yang terluka akibat peperangan di rumah sakit Inggris di Scutari pada November 1854, dari situlah, Florence mendapat julukan “Bidadari Berlampu”

Yang menarik dalam Caping Day pada tahun ini adalah kehadiran Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Bpk DR. HM. Muslim, S.Pd, M.Kes dan Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Bapak Prof. DR. Ir. H. Udiansyah, M.Si yang menjadi saksi dalam penandatanganan berita acara ikrar janji mahasiswa dan sekaligus memberikan sambutan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Prov. Kalsel mengatakan bahwa profesi keperawatan di Kalimantan selatan saat ini berjumlah kurang lebih 12 ribu yang tersebar di berbagai fasilitas kesehatan. “Profesi Perawat Adalah Profesi Yang Unik, Dimana Jika Sewaktu-Waktu Ada Bencana Orang-Orang Keluar Meninggalkan Kota, Namun Perawat Dengan Gagah Berani Masuk Untuk Mengevakuasi Korban Yang Terkena Bencana!” ujarnya.